Nissan March atau juga disebut Nissan Micra pertama kali diperkenalkan pada 1982. Model ini terjual 1,65 juta unit dalam kuruin waktu satu dasawarsa.
Melihat catatan prestasi penjualan itu, pada 1992, Nissan meluncurkan generasi kedua. Pabrikan asal Jepang itu selain melakukan berbagi ubahan tampilan juga menambahnya dengan teknologi Continously Variable Transmission (CVT). Seperti halnya generasi pertama, generasi kedua ini juga membukukan penjualan yang cukup gemilang, 2,54 juta unit.
Tepat satu dasawarsa kemudian atau di 2002, Nissan kembali meluncurkan Nissan March baru atau generasi ketiga. Model ketiga itu dilengkapi dengan teknologi Intelligent Key.
Generasi ketiga ini membukukan penjualan 1,63 juta unit. Adapun generasi keempat, yang diluncurkan Maret 2010 sudah menggunakan transmisi Xtronic CVT serta peranti penghemat bahan bakar idling stop system.
Data Nissan menunjukkan, sepanjang Maret 2010 hingga Mei lalu, penjualan generasi keempat telah mencapai 170 ribu unit.
"Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun memproduksi mobil kompak, kami ingin konsumen menikmati kelebihan New Nissan March dengan teknologi terbarunya," ungkap Tsuyoshi Kobayashi, Chief Vehicle Engineer Nissan Global,
Melihat catatan prestasi penjualan itu, pada 1992, Nissan meluncurkan generasi kedua. Pabrikan asal Jepang itu selain melakukan berbagi ubahan tampilan juga menambahnya dengan teknologi Continously Variable Transmission (CVT). Seperti halnya generasi pertama, generasi kedua ini juga membukukan penjualan yang cukup gemilang, 2,54 juta unit.
Tepat satu dasawarsa kemudian atau di 2002, Nissan kembali meluncurkan Nissan March baru atau generasi ketiga. Model ketiga itu dilengkapi dengan teknologi Intelligent Key.
Generasi ketiga ini membukukan penjualan 1,63 juta unit. Adapun generasi keempat, yang diluncurkan Maret 2010 sudah menggunakan transmisi Xtronic CVT serta peranti penghemat bahan bakar idling stop system.
Data Nissan menunjukkan, sepanjang Maret 2010 hingga Mei lalu, penjualan generasi keempat telah mencapai 170 ribu unit.
"Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun memproduksi mobil kompak, kami ingin konsumen menikmati kelebihan New Nissan March dengan teknologi terbarunya," ungkap Tsuyoshi Kobayashi, Chief Vehicle Engineer Nissan Global,
“Kami tentu bangga dengan penghargaan ini, karena ini merupakan pengakuan sebuah keunggulan yang dimiliki March,” ujar Teddy Irawan, Wakil Direktur Pemasaran PT Nissan Motor Indonesia saat ditemui Tempo di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2011, di lapangan parkir timur Senayan, Jakarta, Sabtu, 21 Mei 2011.
Nissan March tidak hanya memiliki keunggulan irit bahan bakar semata. Namun, mobil bermesin 1.200 cc tiga silinder tersebut juga memiliki desain yang apik, kenyamanan yang tinggi, keandalan mesin yang mumpuni, serta harga yang terbaik di antara mobil sejenis di kelasnya. “Kami sangat menghargai obyektivitas para dewan juri untuk pengakuan tersebut,” kata Teddy.
March dibekali mesin bensin 1.200 cc, tiga silinder DOHC. Mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 79 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 102 Newton meter (Nm) pada 4.400 rpm.
Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengaku tidak menyangka Nissan Marh dinobatkan sebagai mobil terbaik tahun ini. “March terbukti sebagai mobil kecil yang paling irit bahan bakar,” ujar dia.
Hasil pengujian Nissan menunjukkan, tingkat varian transmisi manual mengkonsumsi bahan bakar satu liter untuk jarak 21,8 kilometer (km). Sedangkan, varian transmisi otomatis mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk 18,5 km.
HARGA NISSAN MARCH | ||||
March 1.2L MT | Manual | 1200 cc | Rp.148.100.000,00 | |
March 1.2L AT | Automatic | 1200 cc | Rp.158.200.000,00 | |
March 1.2L XS | Automatic | 1200 cc | Rp.168.200.000,00 |
Posting Komentar