Dan pada Juli 2009 lalu, PT NMI merilis All New Nissan Teana 250XV. Mobil yang sukses di Thailand ini hadir dalam satu varian yang mengusung mesin V6 2,5 liter yang bersanding dengan transmisi pintar khas Nissan: Xtronic CVT, yang diklaim merupakan transmisi CVT terbaik yang pernah ada.
Teana merupakan satu-satunya mobil di kelas large saloon di pasar Indonesia yang menggunakan jantung mekanis V6 dan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission). Itulah senjata andalannya dalam menghadapi dua raksasa permobilan (Toyota dan Honda) yang telah lebih dulu menguasai pasar large saloon di Indonesia dan telah lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas.
Desain & Rekayasa
All New Teana dibangun di atas platform 'D' yang merupakan platform untuk mobil gerak roda depan berukuran menengah (mid size) milik Nissan. Bodi Teana didesain dengan filosofi 'Zone Body Concept' yang mengutamakan perlindungan untuk pengemudi, penumpang, dan pejalan kaki. Material baja 'Ultra High Tensile Steel' yang digunakan diklaim mampu meningkatkan penyerapan benturan dan melindungi penumpang.
Untuk menghadapi rival-rival sekelasnya, All New Teana masih dipersenjatai mesin berkonfigurasi V6. Namun, kini mesin yang disematkan adalah VQ25DE V6 dengan sudut 60 derajat, berkapasitas 2.496 cc, atau lebih besar 100 cc ketimbang sebelumnya. Mesin baru ini menghasilkan tenaga maksimum 182 hp pada 6.000 rpm, sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan adalah 228 Nm pada 4.400 rpm. Daya tersebut kemudian disalurkan ke roda depan oleh transmisi XTronic CVT.
Selain itu, Nissan juga menjejalkan pelindung keselamatan yang berlimpah. Seatbelt dengan pre-tensioner, serta enam airbag (dua airbag depan, dua airbag samping yang tertanam di kursi depan, serta sepasang curtain airbag) dijejalkan di dalam kabin untuk melindungi penumpangnya. Selain itu, fitur seperti VDC (Vehicle Dynamic Control), TCS (Traction Control System), dan LSD (Limited Slip Differential) membantu pengendalian mobil saat bermanuver.
Sekilas mata memandang, interior Teana anyar ini tampil mewah dan cerah dengan penggunaan warna beige yang terang. Ada pula aksen kayu, serta sedikit sentuhan warna krome di konsol tengah dan pegangan pintu, dan sunroof.
All New Teana mempertahankan desain dashboard yang rata. Kelebihan dari dashboard yang rata ini adalah membuat jangkauan pandangan pengemudi luas. Tapi, dashboard model ini juga tampak 'ketinggalan zaman'. Desainer Nissan kemudian mengakalinya dengan menyematkan layar LCD tujuh inci yang berisi informasi audio dan AC yang agak menjorok ke dalam, serta tatanan pengontrol AC dual zone yang diposisikan cukup atraktif dengan posisi hampir mendatar di hadapan layar LCD.
Kursi penumpang didesain dengan menggunakan bahan urethane yang akan menyerap getaran saat berkendara. Selain itu, jok berbungkus kulit dengan pengaturan elektrik mampu memeluk tubuh penumpangnya dengan nyaman. Khusus untuk bangku pengemudi, tersedia penyimpan memori pengaturan kursi. Dan berkat bertambahnya dimensi, Teana kini memiliki interior yang lebih luas.
Mesin VQ25DE telah dilengkapi beragam teknologi yang membuat mesin bekerja lebih efisien. Fitur Induction Control System yang berfungsi meningkatkan torsi mesin dan CVTC (Continuous Variable Valve Timing Control) yang mengatur bukaan katup sesuai kebutuhan adalah dua hal yang berperan besar dalam menghasilkan tenaga dan mengefisienkan konsumsi bahan bakar.
Alhasil, performa mesin V6 2.496 cc terasa agresif di setiap putaran mesin. Akselerasi dari diam hingga 100 kpj tercatat 9,8 detik. Responsifnya mesin ini sangat membantu terutama ketika bermanuver di jalanan dalam kota yang memerlukan kelincahan.
All New Teana mengadopsi transmisi Xtronic CVT, seperti yang terdapat pada Nissan X-Trail dan Murano. Kelebihan Xtronic CVT dibandingkan dengan CVT biasa adalah hadirnya sebuah modul pengendali bernama Adaptive Shift Control (ASC). ASC memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kontrol perpindahan gigi sesuai dengan pola mengemudi. ASC akan memperhitungkan cara mengemudi, putaran mesin, akselerasi, dan kondisi jalan berdasarkan input dari berbagai sensor di kendaraan dan kemudian memilih rasio gear yang sesuai.
Inilah salah satu kunci halusnya pengendaraan All New Teana. Di dalam modul ASC tersebut, Nissan telah membenamkan tidak kurang dari 700 program yang berisi karakter pengemudian. Transmisi ini akan membaca karakter pengemudian dan menerapkannya beberapa menit setelah mobil dijalankan.
All New Teana menganut konstruksi suspensi McPherson strut untuk bagian depan serta multi link untuk belakang. Nissan telah mengubah sudut caster (sudut kemiringan suspensi) menjadi lebih besar dibanding Teana sebelumnya untuk mempertajam pengendalian. Kian menambah akurasi, suspensi diletakkan lebih dekat dengan roda. Selain itu, shockabsorber baru yang lebih keras serta rebound spring (per pemantul balik) turut disematkan. Hal ini menjadikan suspensi All New Teana terasa lebih keras, namun semua itu bermuara pada kestabilan dan pengendalian yang lebih optimal.
Kemudinya yang dilengkapi sistem Twin Orifice Speed Sensing Power Steering (TOPS), terasa akurat dan nyaman karena TOPS yang mendeteksi kecepatan akan menyesuaikan bobot kemudi. Selain itu, radius putar yang mencapai 5,7 m, membuat All New Teana cukup lincah dalam bermanuver. Gejala body roll yang menjadi kekurangan mobil berbadan bongsor tidak terlalu terasa.
HARGA NEW TEANA | ||||
New Teana | Automatic | 2500 cc | Rp.501.450.000,00 |
Posting Komentar